Blog Motivasi, Pengembangan Diri, Seni Presentasi, Video Motivasi

Sponsor

Teknik Dasar Presentasi Yang Berhasil

FAKTA SISI LAIN DARI PRESENTASI
44% Pekerja yang ikut rapat, tertidur saat presentasi


BAGIAN DARI ILMU KOMUNIKASI
Presentasi sebagai sebuah teknik adalah salah satu keterampilan berkomunikasi, baik presentasi yang melibatkan banyak orang maupun dalam jumlah sedikit. Misalnya presentasi yang bersifat "face to face". Dengan demikian, maka tidak ada cara lain yang lebih ampuh untuk melejitkan kemampuan presentasi anda adalah dengan meningkatkan jam terbang anda dalam berpresentasi, semakin sering semakin matang dan terampil.

Berikut beberapa teknik dasar untuk sebuah presentasi yang baik

PERTAMA, Pahami AUDIENCE (WHO)
Hal pertama yang mesti dilakukan sebelum presentasi, entah untuk sekedar memilih media yang digunakan, ragam diksi yang hendak dipilih, struktur presentasi yang ingin dilakukan. Sebelum itu semua, perhatikan dan pelajari siapa audience yang anda sasar itu.
Hal yang perlu diketahui soal audience misalnya ; klasifikasi pekerjaan, usia, latar belakang pendidikan, jumlah audience, dan lain sebagainya.

KEDUA, Selalu Check Ricek TKP & WAKTU (WHERE & WHEN)
Pelajari lokasi tempat dimana anda akan presentasi, tanyakan kepada pengelola atau pihak yang mengundang soal fasilitas yang disediakan, pengeras suara, dan juga soal bagaimana denah atau posisi audience. 
Waktu presentasi tentu perlu diperhatikan, karena itu sangat mempengaruhi psikologis peserta atau audience. Misalnya jika presentasi dilakukan pada siang hari, kondisinya tentu dalam keadaan letih, lesu, atau mengantuk atau bahkan lapar. 

KETIGA, Konfirmasilah MENGAPA ANDA DIUNDANG PRESENTASI

Anda tentu kesal, jika tiba - tiba ada pelaku bisnis MLM langsung tanpa tau dan mengerti kondisi anda, langsung bla - bla presentasi bisnisnya. Karena itu, jangan dicontoh hal tersebut.
Wujudkan keinginan audience melalui presentasi anda, ajak audience mencapai tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan yang dilakukan. Lakukan ini agar anda bisa dengan segera mendapatkan "value" atau argumentasi moral mengapa anda harus melakukan presentasi dihadapan para audience. 

KEEMPAT 4. PILIH METODE PRESENTASI

Seringkali anda salah kostum ketika naik panggung, atau keliru dalam menggunakan media ketika presentasi. Maka langkah keempat memilih metode presentasi ini adalah mencakup ketiga teknik dasar presentasi sebelumnya. 
Jika anda berhasil mengidentifikasi peserta atau audience, memahami waktu dan tempat, serta menjawab semua pertanyaan yang berkaitan dengan alasan, tujuan dari sebuah presentasi. Maka anda bisa memilih metode presentasi dengan tepat.


Tag : Presentasi
Back To Top