Blog Motivasi, Pengembangan Diri, Seni Presentasi, Video Motivasi

Sponsor

Bisnis dan Telur Columbus

TANTANGAN CHRISTOPHER
Pada zaman pertengahan, sebuah alkisah dituturkan dari mulut ke mulut. Di sebuah pertemuan Christopher Columbus mengajukan tantangan kepada seluruh warga yang hadir dipertemuan tersebut.
"Saya punya dua buah telur. Sapa yang bisa mendirikan telur ini di lantai yang datar tanpa bantuan alat apapun, akan saya ajak jalan - jalan keliling dunia mencari pulau - pulau terbaru"
Tantangan ini tentunya menarik minat banyak orang karena hadiahnya sangat menarik, "paket wisata bersaa Columbus". Singkat cerita, satu orang kemudian mencoba dan gagal, orang kedua mencoba dan gagal, hingga sampailah yang keseribu pun tidak ada yang berhasil, semuanya mengalami kegagalan.

Columbus pun akhirnya puas, dan berkata bahwa sudah tidak ada lagi yang berhasil mencobanya. Tetapi tiba - tiba ada seorang anak maju mendekati telur itu, dipecahkannya ujung masing - masing telur, dan sim salabim berdirilah telur tersebut di lantai tanpa bantuan apapun. Semua orang menyaksikan dan terdiam, kemudian ada yang nyeletuk "ah kalau itu saya pun bisa".

Anda pernah mengatakan demikian kan? "Ah kalau cuma gitu saya juga bisa. Pertanyaanya adalah mengapa anda tidak melakukan sekalipun anda bisa?. Jawabanya adalah karena tidak terpikirkan sebelumnya. Kalau hanya soal "bisa", itu sih urusan belakangan dalam bisnis. Masalahnya, terpikir atau ndak nya itu.  

So ...

UPDATE ALWAYS
Salah satu cara untuk menambah pikiran, adalah dengan selalu menjaga update. Einstin pernah bilang bahwa "orang gila itu adalah orang yang mengharapkan perubahan denga melakukan hal yang sama setiap hari". Jika keseharian anda sama, melakukan hal yang sama setiap hari, jangan marah jika dibilang gila.

HAVE A GUIDELINE
Pelajari dan miliki guideline, semacam petunjuk atau peta bagi anda yang doyan tersesat, hehehe. Guideline diperlukan untuk melihat sejauh mana anda berjalan, dan bagaimana capaian - capaian anda. Jika anda kreatif, tapi tak miliki guideline untuk sukses, selamanta anda jadi pecundang.

DO ACTION
Ide sudah ada, cara kerjanya sudah paham, tapi gak action. Kalau gitu sama saja bohong, mending tetap melakukan meskipun tak mengerti soal apa yang hendak dilakukan. Action itu kunci keberhasilan, tidak ada kesuksesan tanpa adanya action. 

BE CONSISTENT
Jangan mudah tergoda dengan rezeki orang, laris jual ayam tiba - tiba jadi peternak, ramai es dawet, eh ketemu jadi tukang dawet. Cobalah untuk fokus dan konsisten, kerjakan sampai nyesel. 





Back To Top